Topic outline

    • Perkuliahan Antikorupsi berarti usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang kritis terhadap nilai-nilai antikorupsi. Kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mengerti tentang korupsi, tindakan anti korupsi, penyebab korupsi, akibat korupsi, hukum, bentuk-bentuk korupsi baik yang terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain, pencegahan korupsi, dan melakukan aksi di media sosial sebagai bentuk aksi nyata melawan korupsi. 
  • PEKAN 1_OUTLINE PERKULIAHAN

  • PEKAN 2_KORUPSI DAN INTEGRITAS

    pada pekan ke 2 ini materi yang akan dipelajari adalah:

    • Pengertian Korupsi
    • Perilaku koruptif
    • Bentuk-bentuk korupsi
    • Integritas

  • PEKAN 3_NILAI DAN PRINSIP ANTIKORUPSI

     Semangat pagi.. pagi..pagi..

    pada pertemuan 3 kali ini proses pembelajaran melalui asinkronus (mahasiswa dapat mempelajari materi sesuai dengan waktu yang dimiliki, mempelajari materi yang disediakan, dan melakukan unjuk kerja sesuai petunjuk).. silahkan dipelajari:

    1) buku [1] Buku Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi, BAB 4, halaman 75-84;

    2) tontonlah Video di pada 3.2 untuk menambah pemahaman saudara tentang nilai dan prinsip antikorupsi;

    3) buatkah ringkasan (resume) tentang nilai dan prinsip antikorupsi.. ringkasan sebaiknya dibuat dalam bentuk Flowchart (visualisasi materi yang digunakan untuk merepresentasikan proses dalam bentuk diagram) dan di buat Pdf atau JPG

    4) resume dapat diunggah pada link 3.3 maksimal Rabu, 23 Juni 2025 jam 23.59 WIB.. 

    terima kasih, semoga Tuhan senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap urusan kita..


  • PEKAN 4_FAKTOR PENYEBAB ANTIKORUPSI

    assalamu'alaikum saudara-saudara sekalian... semangat pagi..

    pada pertemuan 4 kali ini proses pembelajaran melalui asinkronus (mahasiswa dapat mempelajari materi sesuia dengan waktu yang dimiliki, mempelajari materi yang disediakan, dan melakukan unjuk kerja sesuai petunjuk).. silahkan dipelajari:

    1) buku [1] Buku Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi, BAB 2, halaman 39-49;

    2) tontonlah Video di pada 4.2 untuk menambah pemahaman saudara tentang faktor-faktor penyebab korupsi;

    3) buatkah ringkasan (resume) tentang faktor penyebab korupsi Internal dan Eksterrnal .. ringkasan sebaiknya dibuat dalam bentuk Flowchart (visualisasi materi yang digunakan untuk merepresentasikan proses dalam bentuk diagram) dan di buat Pdf atau JPG..

    4) resume diuggah maksimal pada kamis, 24 Juli 2024 jam 23.59 WIB

    terima kasih.. 


  • PEKAN 5_DAMPAK MASIF KORUPSI

  • PEKAN 6_Rencana Aksi di MEDSOS

  • PEKAN 7_UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI

  • PEKAN 8_UTS

    • assign icon
      Assignment

      silangkan unjuk kerja UTS pada link di bawah ini!

  • PEKAN 9_Reformasi Birokrasi

    a. Membaca materi pada bahan ajar (9.2)

    b. Menonton Video (9.3)

    c. Membuat ringkasan (9.5)


  • Pekan 10_Pembangunan Zona Integritas

    Silahkan gunakan referensi buku yang digunakan pada pekan sebelumya  (Pekan ke-9) buku [2] Buku Ajar Pendidikan dan Budaya Antikorupsi Unit 6 Halaman 117-119 untuk materi hari ini.

    Tahapan pembelajaran:

    1. Membaca Referensi 

    2. Menonton Video (10.2)


  • Pekan 11_Gerakan kerja sama dan instrumen pencegahan korupsi pada tingkat nasional

    Silahkan menggunakan 2 rujukan pada pertemuan ke-11 ini. 

    1. Buku Ajar Pendidikan dan Budaya Antikorupsi halaman 61-73. Buku ini telah dibagikan filenya pada pekan ke-1


  • Pekan 12_Gerakan kerja sama dan instrumen pencegahan korupsi pada tingkat Internasional

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Saudara mampu:

    1.Menjelaskan gerakan-gerakan internasional pencegahan korupsi
    2.Menjelaskan kerjasama-kerjasama internasional pencegahan korupsi 
    3.Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa instrumen internasional pencegahan korupsi

    Referensi yang digunakan:
    - Referensi [1] Buku Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi
    - Referensi [2] Buku Ajar Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi

  • Pekan 13_Belajar menangani Korupsi dari Keberhasilan Negara lain

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Sdr(i) mampu memahami cara menangani korupsi di berbagai negara. 

    Tahapan pembelajaran:

    a. Menonton Video (13.2)

    b. Membaca materi  (13.3)

    c. Membuat essay (13.4)


  • Pekan 14_Belajar menangani Korupsi dari Tokoh Berintegritas

    Selamat datang pada pertemuan pekan-14. Tujuan pembelajaran hari ini adalah Sdr(i) mampu memahami nilai antikorupsi dari sikap-sikap yang ditunjukkan oleh tokoh nasional. Selain itu diharapkan Sdr(i) tetap optimis meningkatkan nilai antikorupsi dalam diri dengan menjadikan tokoh-tokoh tersebut sebagai inspirasi. 

    Kegiatan pembelajaran terdiri dari:

    14.1 Referensi

    14.2 Tugas meringkas

    14.3 Template Laporan Aksi di Media Sosial


    • Due: Monday, August 11, 2025, 11:59 PM

      Silahkan baca kisah dari para tokoh nasional berintegritas yang ada di buku referensi. Setelah itu isilah tabel yang telah disediakan dengan keterangan sebagai berikut:

      - Kolom 3 Inti Kisah Keteladanan: Pilih tiga tokoh yang kamu sukai dan tuliskan kejadian/ cerita tokoh tersebut secara singkat intinya saja.

      - Kolom 4 Nilai yang didapatkan: dari kisah keteladanan yang Anda pilih tersebut mengandung nilai antikorupsi apa.

      - Isi semua kolom lalu jika sudah selesai silahkan dikumpulkan dalam format pdf. Deadline pengumpulan 11 Agustus 2025 jam 23.59 WIB


    • Berikut ini adalah template Laporan Aksi di Media Sosial yang akan menjadi bahan presentasi di pertemuan terakhir minggu depan. Silahkan dowload lalu kerjakan sesuai dengan yang sudah Anda lakukan. Untuk presentasi hasil aksi di media sosial ini, Anda tidak perlu membuat power point. Silahkan presentasi dengan media laporan ini. Usahakan pertemuan terakhir dilaksanakan secara tatap muka. 

  • Pekan 15_Aksi pencegahan Korupsi melalui Media Sosial

  • Pekan 16_UAS