RPS KB DAN PELAYANAN KONTRASEPSI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN STIKES WIDYAGAMA HUSADA MALANG
KB DAN PELAYANAN KONTRASEPSI
Oleh:s
Tim:
Yuliyanik, S.KM., M.Biomed.
Jiarti Kusbandiyah, S.SiT., M.Kes
Bd. Wenny Rahmawati, S.Keb
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang
2025
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN STIKES WIDYAGAMA HUSADA |
|||||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Direvisi |
|||||||||||||
KB DAN PELAYANAN KONTRASEPSI |
SBD .6208 |
Matakuliah Keahlian dan Keterampilan (MKK) |
4 |
T=2; P=2 |
IV |
2025 |
||||||||||||
OTORISASI
|
PJMK |
Ketua PRODI S1 Kebidanan |
Ketua STIKES Widyagama Husada |
|||||||||||||||
TANDA TANGAN
(Yuliyanik, S.KM., M.Biomed.) |
TANDA TANGAN
(Senditya Indah M, S.SiT, M.Kes) |
TANDA TANGAN
(dr. Rudy Joegijantoro, MMRS)
|
||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Lulusan |
|||||||||||||||||
CPL-2 |
Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana Kebidanan dan profesi bidan di STIKES Widyagama Husada, mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis beserta penerapannya tentang KB dan Pelayanan Kontrasepsi. |
|||||||||||||||||
CPL-7 |
Setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana Kebidanan dan profesi bidan di STIKES Widyagama Husada, mahasiswa mampu beradaptasi dan bekerjasama dengan berbagai lintas sektor. |
|||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
||||||||||||||||||
CPMK-1 |
Mampu menguasai konsep teori KB dan Pelayanan Kontrasepsi |
|||||||||||||||||
CPMK-2 |
Mampu beradaptasi dan bekerjasama dengan berbagai lintas sektor terutama bidang KB dan pelayanan Kontrasepsi |
|||||||||||||||||
Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) |
||||||||||||||||||
Sub CPMK-1 |
Mampu menguasai Perspektif kebidanan pada kontrasepsi dan KB, Evidance based terkait dalam KB |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-2 |
Mampu memahami Konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-3 |
Mampu memahami Jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-4 |
Mampu menguasai Metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-5 |
Mampu memahami Pengambilan keputusan dalam ber-KB |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-6 |
Mampu menguasai Upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan perencanaan keluarga dan kontrasepsi |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-7 |
Mampu menguasai Menganalisis kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi |
|||||||||||||||||
Sub CPMK-8 |
Mampu memahami Pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik) |
|||||||||||||||||
|
Sub CPMK-9 |
Mampu memahami Membuat permintaan obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum |
||||||||||||||||
|
Sub CPMK-10 |
Mampu memahami Pencatatan dan pelaporan dalam kontrasepsi |
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini membahas mengenai KB dan pelayanan kontrasepsi serta aplikasinya dalam praktik kebidanan. |
|||||||||||||||||
Bahan Kajian |
1. Perspektif kebidanan pada kontrasepsi dan KB, Evidance based terkait dalam KB 2. Konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat 3. Jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi 4. Metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko 5. Pengambilan keputusan dalam ber-KB 6. Upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan perencanaan keluarga dan kontrasepsi 7. Kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi 8. Pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik) 9. Membuat permintaan obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum 10. Pencatatan dan pelaporan dalam kontrasepsi |
|||||||||||||||||
Pustaka |
Utama : |
|
||||||||||||||||
1) Savitri, D., & Haryati, I. (2019). Keluarga Berencana: Konsep, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Rajawali. 2) Titaley, C. R., & Dibley, M. J. (2019). Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi: Panduan Praktis untuk Tenaga Kesehatan. Yogyakarta: Andi. 3) Bong, M. L., & Yasin, I. (2020). Kontrasepsi dan Kesehatan Reproduksi: Perspektif Global dan Lokal. Jakarta: Erlangga. |
||||||||||||||||||
Pendukung : |
|
|||||||||||||||||
4) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (2023). Laporan Tahunan Program Keluarga Berencana Indonesia. Jakarta: BKKBN 5) World Health Organization (WHO). (2020).Family Planning: A Global Handbook for Providers.Geneva: WHO 6) UNFPA. (2022).State of World Population 2022: Seeing the Unseen.United Nations Population Fund. |
||||||||||||||||||
Media Pembelajaran |
Software : |
Hardware : |
||||||||||||||||
Ms. Power Point, LMS Moodle |
LCD, projector, White board, Flipchart |
|||||||||||||||||
Team Teaching |
1. Yuliyanik, S.KM., M.Biomed. (PJMK) 2. Jiarti Kusbandiyah, S.SiT., M.Kes 3. Bd. Wenny Rahmawati, S.Keb |
|||||||||||||||||
Matakuliah Syarat |
--- (tidak ada mata kuliah prasyarat) |
|||||||||||||||||
Mg Ke- |
Kemampuan Akhir (Sesuai tahapan belajar) sub CPMK |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Metode Pembelajaran
|
Estimasi Waktu |
Assessment |
|||||||||||||
Indikator |
Bentuk |
Bobot (%) |
||||||||||||||||
1 |
Mampu menguasai tentang perspektif kebidanan pada kontrasepsi dan KB, Evidance based terkait dalam KB
|
1. Pendahuluan 2. Evidence Based KB |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan
|
3 Jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’}
|
Mahasiswa mampu menguasai minimal 70% tentang evidance KB |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
7% |
|||||||||||
2 |
Mampu memahami pengambilan keputusan dalam ber-KB
|
1. pendahuluan pengambilan keputusan dalam ber KB |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan
|
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’}
|
Mampu menguasai minimal 70% mengenai pengambilan keputusan dalam ber-KB |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian |
7% |
|||||||||||
3 |
Mampu menguasai konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat
|
1. Pendahuluan tentang konseling KB 2. Metode sederhana 3. Metode alami 4. Metode modern 5. Kontraspesi darurat
|
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan Praktik laboratorium |
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’}
|
Mampu menguasai minimal 70% tentang konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
7% |
|||||||||||
4 |
Mampu memahami jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi
|
1. Jenis metode kontrasepsi 2. Mekanisme kerja KB hormonal dan non hormonal 3. Efek samping kontrasepsi
|
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan Praktik laboratorium |
6 jam {TM : 6x50’} {PT : 6x50’} {BM : 6x60’} {PL : 2x100’}
|
Mampu menguasai minimal 70% tentang jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi
|
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
15% |
|||||||||||
5,6 |
Mampu menguasai metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko
|
1. metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan 2. cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan Praktik laboratorium |
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’}
|
Mampu menguasai minimal 70% tentang metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
7% |
|||||||||||
7 |
Mampu menguasai upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan perencanaan keluarga dan kontrasepsi
|
upaya-upaya promotif dan preventif perencanaan keluarga dan kontrasepsi
|
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan
|
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’}
|
Mampu menguasai minimal 70% mengenai upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan perencanaan keluarga dan kontrasepsi
|
UTS UAS Tugas/kuis Ujian |
7% |
|||||||||||
8 |
Evaluasi Tengah Semester (Evaluasi Formatif-Evaluasi yg dimaksudkan untuk melakukan improvement proses pembelajaran berdasarkan assessment yang telah dilakukan) |
|||||||||||||||||
9,10 |
Mampu menganalisis kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi
|
1. kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, 2. jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan
|
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’} |
Mampu menguasai minimal 70% mengenai kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi
|
UTS UAS Tugas/kuis Ujian |
15% |
|||||||||||
11,12 |
Mampu memahami pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik)
|
Pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik) |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan |
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’} |
Mampu menguasai minimal 70% mengenai pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik) |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian |
14% |
|||||||||||
13,14 |
Mampu memahami membuat permintaan obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum
|
|
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan |
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’} |
Mampu menguasai minimal 70% mengenai obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum
|
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
14% |
|||||||||||
15 |
Mampu memahami pencatatan dan pelaporan dalam kontrasepsi |
pencatatan dan pelaporan dalam kontrasepsi |
Ceramah&tanya jawab Studi kasus Kuis Penugasan |
3 jam {TM : 3x50’} {PT : 3x50’} {BM : 3x60’} {PL : 1x100’} |
Mampu menguasai minimal 70% mengenai pencatatan dan pelaporan dalam kontrasepsi |
UTS UAS Tugas/kuis Ujian Praktikum |
7% |
|||||||||||
16 |
Evaluasi Akhir Semester (Evaluasi yg dimaksudkan untuk mengetahui capaian akhir hasil belajar mahasiswa) |
|||||||||||||||||
Catatan : 1 sks = (50’ TM + 50’ PT + 60’ BM)/Minggu T = Teori (aspek ilmu pengetahuan)
TM = Tatap Muka (Kuliah) P = Praktek (aspek ketrampilan kerja)
PT = Penugasan Terstruktur PL = Praktikum Laboratorium
BM = Belajar Mandiri PS = Praktikum Simulasi
KONTRAK PERKULIAHAN
NO |
HARI/TANGGAL |
JAM |
MATERI |
DOSEN |
METODE |
1 |
Jum’at, 14 Februari 2025
|
08.00 – 10.30 |
Kontrak perkuliahan perspektif kebidanan pada kontrasepsi dan KB, Evidance based terkait dalam KB
|
Yuliyanik |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30 - 13.00 |
jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi
|
Jiarti |
|||
2 |
Jum’at, 21 Februari 2025
|
08.00 – 10.30 |
perspektif kebidanan pada kontrasepsi dan KB, Evidance based terkait dalam KB
|
Yuliyanik. |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
jenis metode kontrasepsi dan mekanisme kerja kontrasepsi hormonal atau non hormonal, Efek samping atau penyulit kontrasepsi
|
Jiarti |
|||
3 |
Jum’at, 28 Februari 2025
|
08.00 – 10.30 |
pengambilan keputusan dalam ber-KB
|
Yuliyanik |
Tatap muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat |
Jiarti |
|||
4 |
Jum’at, 7 Maret 2025
|
08.00 – 10.30 |
konseling kontrasepsi dengan metode sederhana, alami, modern, dan kontrasepsi darurat |
Jiarti |
Tatap muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan perencanaan keluarga dan kontrasepsi
|
Weni |
|||
5 |
Jum’at, 14 Maret 2025
|
08.00 – 10.30 |
metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko
|
Jiarti |
Tatap muka; Penugasan dan Praktikum |
|
|
10.30-13.00 |
kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi
|
Weni |
|
6 |
Jum’at, 21 Maret 2025
|
08.00 – 10.30 |
metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko
|
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi
|
Weni |
|||
7 |
Jum’at, 11 April 2025
|
08.00 – 10.30 |
metode kontrasepsi sederhana, barier, steroid, mekanik, kimia dan pembedahan, termasuk cara kerja, indikasi, manfaat dan risiko
|
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi |
Weni |
|||
8 |
14-18 April 2025 |
UTS |
|||
9 |
Jum’at, 25 April 2025
|
08.00 – 10.30 |
membuat permintaan obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum
|
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
kriteria kelayakan penggunaan metode kontrasepsi, termasuk jangka waktu yang sesuai dalam penggunaan kontrasepsi |
Weni |
|||
10 |
Jum’at, 2 Mei 2025
|
08.00 – 10.30 |
membuat permintaan obat kontrasepsi darurat menyimpan dan memberikan kontrasepsi darurat sesuai kewenangan, kebijakan lokal, protokol, peraturan dan hukum
|
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
pelayanan kontrasepsi pasca aborsi (kondom, pil, suntik)
|
Weni |
|||
11 |
Jum’at, 9 Mei 2025
|
08.00 – 10.30 |
Praktikum klasikal |
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
Praktikum klasikal |
Weni |
|||
12 |
Jum’at, 16 Mei 2025
|
08.00 – 10.30 |
Praktikum klasikal |
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
Praktikum klasikal |
Weni |
|||
13 |
Jum’at, 23 Mei 2025 |
08.00 – 10.30 |
Praktikum |
Jiarti |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
Praktikum |
Weni |
|||
14 |
Jum’at, 30 Mei 2025
|
08.00 – 10.30 |
Praktikum |
Yuliyanik |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
Praktikum |
Jiarti |
|||
15 |
Jum’at, 6 Juni 2025 |
08.00 – 10.00 |
Praktikum |
Yuliyanik |
Tatap Muka; Penugasan dan Praktikum |
10.30-13.00 |
Praktikum |
Weni |
|||
16 |
9-13 Juni 2025 |
UAS |
|||
EVALUASI Prosentase UAS (15%), UTS (15%), Tugas (20%), Kuis (20%), Praktikum (20),Kehadiran (10%) |
EVALUASI
Evaluasi |
|
UTS |
15% |
UAS |
15% |
Praktikum |
20% |
Tugas dan Kuis |
20% |
Kuis |
20% |
Kehadiran |
10% |
Kuis
Kuis/ pre-post test dilakukan oleh dosen pengajar pada topik-topik perkuliahan tertentu baik dengan maupun tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Penugasan
A. Review Jurnal
Tugas ini dilakukan secara individu.
Ketentuan jurnal:
a. Tahun 2015 ke atas
b. Review jurnal ditulis tangan
b. Jurnal di print di kertas ukuran A4
c. Pada jurnal dicantumkan nama dan NIM mahasiswa
d. Pengumpulan tugas sesuai kesepakatan dengan dosen
e. Tugas diupload di moodle
B. Tugas Presentasi Kelompok
Ketentuan presentasi :
a. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok
b. Presentasi tentang KB
c. Tugas diupload di moodle
C. Tugas membuat poster
a. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok
b. Tugas poster menyampaikan informasi penting KB
D. Praktikum
a. Praktikum dilaksanakan di laboratorium sesuai dengan jadwal praktikum
b. Memakai jas lab
c. PJMK inden alat 1 hari sebelum praktikum
d. Alat segera dikembalikan setelah selesai praktikum
e. Jika ada alat yang rusak/hilang, menjadi tanggung jawab kelas
Standar Nilai dalam Angka dan Huruf
Nilai Huruf |
Nilai Numerik |
BOBOT |
A |
80-100 |
4 |
B+ |
74-79 |
3,5 |
B |
68-73 |
3 |
C+ |
62-67 |
2,5 |
C |
56-61 |
2 |
D |
45-55 |
1 |
E |
<45 |
0 |